Pages

Pidato B. Indonesia Tentang Lingkungan Hidup

Kamis, 15 Mei 2014

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
Yang terhormat kepala sekolah SMK Negeri 7 Semarang.
Yang saya hormati Bapak Ibu guru dan staff karyawan.
Dan tak lupa teman – teman yang saya sayangi.
            Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt. yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tmpat ini dalam keadaan sehat wal afiat.
            Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan tentang lingkungan hidup. Terutama tentang hutan – hutan yang kadang sudah disalahgunakan oleh tangan – tangan manusia nakal. Ya.. yang kita tahu, hutan – hutan di negri kita ini sudah bisa dikatakan berantakan dalam tanda kutip. Tapi tidak semua hutan di Indonesia berantakan, banyak juga hutan – hutan yang masih asri dan tidak trsentuh oleh tangan – tangan manusia nakal.
            Di Indonesia, banyak  hutan – hutan yang ditebang untuk membuka lahan tanpa memperhatikan kerugian yang akan terjadi nantinya, dan akhirnya akan menyebabkan banjir, erosi ataupun tanh longsor. Hal – hal tersebut dapat terjadi karena daya serap yang dimiliki oleh akar tidak dapat menampung terlalu banyak air. Dan karena kejadian tersebut, banyak nyawa – nyawa manusia yang tak bersalah lenyap seketika. Bahkan jika membuka lahan di hutan dengan cara membakar hutan, itu akan lebih merugikan. Merugikan bagi diri sendiri, pemerintah bahkan negri ini bisa mengalami kerugian. Contohnya kejadian di Kalimantan, akibat oembakaran hutan tersebut sangatlah banyak. Salah satunya yaitu mengganggu penerbangan disekitar Kalimantan dan yang paling merugikan yaitu asap dari kebakaran tersebut ssampai ke negri tetangga, sontohnya Malaysia.
            Pemerintah di Malaysia banyak yang komplen di Indonesia karena asap – asap yang ditimbulkan oleh Indonesia. Kalau hal ini terjadi, bukan Indonesia saja yang dirugikan tatapi rakyat Malaysia juga. Pernafasan rakyat Malaysia bisa terganggu akibat asap tersebut, dan jika bepergian harus menggunakan masker. Jika rakyatnya tidak terbiasa memakai masker, maka hal tersebut akan mengganggu kebiasaan rakyat Malaysia.
            Ya... itu beberapa contoh akibat dari penyalahgunaan hutan yang salah. Jadi, sebaiknya kita harus mempergunakan hutan dengan cara yang baik. Misalnya, mereboisasi pohon yang sudah tua dan diganti dengan yang baru lagi. Nah itu adalah salah satu cara yang baik. Cara yang lain yaitu dengan mengajak anak – anak generasi muda untuk melakukan penanaman 1000 pohon bersama – sama. Dan diadakannya juga penyuluhan tentang nerawat tanaman, jadi jika dirumah punya tanaman sendiri, maka ilmu tersebut akan berguna bagi diri kita sendiri.
            Sekian yang dapat saya sampaikan. Semoga yang saya sampaikan dapat diterapkan dan membuat sadar orang – orang, sehingga dapat melestarikan hutan lagi. Apabila ada kesalahan kata ataupun pengucapan saya yang keliru, mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

1 komentar:

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS